Jumat, 18 Agustus 2017

Efek Operasi Tumor Parotis

Tumor parotis mungkin istilah yang kurang sering di dengar. Kelenjar ludah protis tersebut memeiliki tugas sebagai penghasil cairan yang berupa air liur dan enzim kalau diihat dari segi fungsinya. Kedua hasil cairan tersebut memiliki manfaat besar untuk mendukung proses pencernaan.

Biasanya bagi yang memiliki benjolan di bagian telinga kiri, biasanya itu tumor parotis meski memang tidak selalu demikian. Sebagian besar kasus benjolan yang muncul pada telinga sisi kiri dimana hal ini paling kerap membuat orang takut seengah mati rupanya berasal dari kelenjar ludah parotis.

Beberapa efek operasi tumor parotis :

  • Telinga terasa baal
Saat terjadi kesalahan telinnga akan merasa baal, dan hal tersebut merupaka salah satu efek dari operasi tumor parotis yang dapat membuat pasientidak nyaman. Ketika rasa baal pad telinga terjadi, hal tersebut otomatis akan membuat rasa pada telinga menurun atau berkurang. Efek seperti ini biasanya terjadi pada pasien yang memilih untuk pengangkatan dari bagian jaringan parotis dalam secara menyeluruh.
  • Infeksi
Banyak  yang terjadi di mana infeksi yang menjadi salah satu komplikasi atau bahaya paling umum yang terjadi. Ketika infeksi terjadi pasca operasi di lakukan, sebetulnya pasien tak perlu mengkhawatirkan kondisi tersebut. Infeksi yang terjadi memang menimbulkan beberapa konsisi seperti halnya terjadi demam atau sering di sertai dengan adanya meggigil.
  • Mual dan Muntah
Tidak hanya infeksi, efe samping dari operasi tumor parotis yang kemungkinan juga terjadi adalah mual dan muntah. Pasien yang telah operasi dapat mengalami hal tersebut akibat efek dari obat bius. Anestesi memang sering memberikan efek demikian pada pasien sehingga akan sangat wajar dan normal. Ketika efek dari obat bius tersebut sudah hilang, maka otomatis mual dan muntah juga akan berhenti.
  • Pendarahan
Operasi atau pembedahan adalah metode tindakan medis yang selalu beresiko akan pendarahan, termasuk juga saat anda menempuh operasi tumor parotis. Kondisi tubuh dan kemampuan seorang dokter bedah bisa berbeda-beda. Pendarahan yang berlabihan bisa saja terjadi pada pasien, namun tentunya doktersudah siap akan solusi tersebut.
  • Rasa nyeri 
Efek operasi tumor parotis juga bisa seperti operasi lain yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian yang di operasi. Sesudah efek dari obat bius hilang, area bekas tumor yang di operasi akan terasa nyeri dan tidak nyaman selama nda beraktivitas.
  • Cedera pada saraf fasialis
Kebanyakan orang mungkin belum tahu apa itu saraf fasialis dan fungsinya. Saraf fasialis merupakan saraf kranialis yang ke tujuh dimana peran yang di lakukannya adalah sebagai pengatur indra perasa pada kulit wajah dan juga ekspresi manusia. Selain itu saraf ini juga yang bertugas untuk menyalurkan sensasi dari bagian anterior lidah dan rongga mulut.

Efek lain dari operasi tumor parotis :

  • Muntah darah
  • Nyeri dada
  • Sesak nafas
  • Batuk-batuk
  • Kemerahan pada bagian yang di operasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar