Jumat, 18 Agustus 2017

Faktor Utama Terjadinya Kanker Ludah

Salivary gland cancer atau kanker kelenjar ludah adalah kanker yang di mulai dari kelenjar ludah. Kanker ini dapat terjadi di manapun pada kelenjjar ludah, seperti pada mulut, leher atau tenggorokan.




Tumor kelenjar ludah adalah kondisi langka di mana pertumbuhan kelenjart ludah tidak normal. Kelenjar ludah terdapat di belakang rongga mulut dan mengeluarkan ludah untuk membantu mencerna makanan. Kelenjar ludah utama terdiri dari kelenjar parotis, kelenjar  di bawah rahang, dan kelenjar sublingual.

Seseorang dengan tumor kelenjar jinak yang biasa terjadi di setiap jenis kelamin dan ras. Karsinoma mukosa merupakan tumor kelenjar ludah yang paling umum dan sebagian besar terjadi pada pasien berusia  20-50 tahun. Jenis tumor yang umum lainnya adalah tumor kelenjar parotis yang merupakan kelenjar epitel yang  sering muncul di usia 30-50 tahun dan tumbuh sangat lambat.

kelenjar ludah sering kali rusak apabila seseorang  telah menjalani kemoteraphy atau radiasi kepala dan leheruntuk pengobatan kanker. Mulut kering biasanya terjadi karena di sebabkan radiasi sementara, khususnya jika radiasi tersebut berdosisi tinggi, yang biasanya di sebabakan oleh kemoterapi sementara.

Tidak semua kasus pada mulut jering di sebabkan oleh kelenjar ludah, terlalu sedikit minum dan pernafasan melalui mulut bisa menyebabkan mulut kering. Gelisah atau stres bisa juga mengakibatkan mulut kering. Mulut bisa juga kering mengikuti usia seseorang, meskipun hal ini lebih besar di sebabkan oleh pengguaan obat yang menyebabkan mulut kering di bandingkan oleh proses penuaan itu sndiri.

Ludah memeberikan perlindungan alami melawan kerusakan pada gigi, jumlah ludah yang tidak cukup akan menyebabkan plubangan lebih khususnya pada akar gigi. Pada kasus yang langka, kelenjar ludah menghasilkan terlalu banyak ludah. Peningkatan kelenjar ludah biasanya sangat cepat dan terjadi dalam reaksi dalam makan-makan tertentu, seperti makanan asam dan pedas, ataupun meikirkan makanan-makanan yan lezat bisa meningkatkan produksi ludah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar