Jumat, 18 Agustus 2017

Penyebab Tumor Parotis Pada Tenggorokan

Tumor parotis merupakan salah satu tumor yang menyerang kelenjar parotis, kelenjar parotis tersebut merupakan kelenjar utama yang paling besar. Kelenjar parotis terletah di depan telinga atau di belakang rongga mulut. Tumorr  ini termasuk tumor jinak jika terjadi pada kelenjart parotis, namun bisa menjadi tumor yang berbahaya jika terjadi pada kelenjar ludah yang lainnya.

Gangguan pada parotis yang berupa tumor ini lebih sering menyerang orang dewsa edngan kisaran usia 20-50 tahun. Kelenjar parotis rentan terkena infeksi bakteri dan virus. Meski kebanyakan tumor parotis merupakan tumor jinak, namun bisa saja pada sewaktu-waktu menjadi ganas dan menyebar ke jaringan di sekitarnya.

Penyebab tumor parotis

Tumor parotis dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, anda harus mengetahui agar dapat melekukan tindakan pencegahan sebelum penyekit tersebut menyerang.

Beberapa hal yang menyebabkan terbentuknya tumor pada kelenar parotis :

  • Genetik
Penyebab tumor maupun kanker dapat di warisi, sehingga keturunan dari penderita kanker atau tumor tersebut lebih rentan untuk mengalami penyakit yang sama. Orang dewasa dan lansia akan lebih rentan terkena penyakit atau memiliki peluang lebih besar  terserang tumor parotis di bandingkan dengan anak-anak dan remaja.
  • Akibat paparan radiasi
Seseorang yang menjalani terapi radiasi untuk mengobati kanker pada bagian leher dan kepala memiliki resiko terserang kanker atautumor parotis. Hal tesebut menjadikan suatu dilema karena di suatu sisi hal tersebut bertujuan untuk membunuh sel kanker, namun di sisi yang lain dapat memberikan hal yang buruk bagi penderita itu sendiri.
  • Paparan virus
Tumor parotis juga dapat di sebabkan oleh adanya serangn virus seperti HIV dan eptsein-barr. Kedua virus ter sebut akan menginfeksi kelenjar parotis hingga menyebabkan aktivitas pada sel kelenjar tersebut menjadi tidak normal.
  • Senyawa kimia tertentu
Paparan senyawa kimia tertentu baik dari lingkungan rumah ataupun dari lingkungan pekerjaan dapat menyebabkan timbulnya tumot parotis. Beberapa senyawa kimia dapat sangat berbahaya, apa;agi terpapar dalam waktu yang cukup lama. Aroma busuk dari selokan yang terhirup setiap hari dapat menyebabkan meningkatnya resiko terkena penyakit tumor parotis.
  • Paparan radiasi ponsel
Akibat dari penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama untuk menelpon dapat menyebarkan radiasi non ionisasi kepada tubuh terutama di sekitar teliga dan leher. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa radiasi dari ponsel memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan termasuk dapat menyebabkan aktivitas abnormal pada sel.hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan tumor pada kelenjar parotis yang dekat dengan telinga.
  • Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol
Merokok dan mengkonsumsi alkohol merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan,  termasuk di antaranya adalah tumor pada kelenjar parotis. Seorang perokok memiliki delapan kali lebih besar dan beresiko terkena tumor. Zat yang terkandung dalam rokok dan alkohol sangat berbahaya dan dapat menjadi racun yang mematikan bagi tubuh. Lebih baikhindari merokok dan mengkonsumsi alkohol agar terhindar dari penyakit tumor parotis dan segala penyakit lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar