Jumat, 18 Agustus 2017

Penyakit Dan Ganggua Pada Kelenjar Ludah

Air liur atau cairan saliva yang sering di kenaldengan ludah, di hasilkan leh kelenjar dalam mulut. Kelenjart ludah tidak hanya membantu mencerna makanan, kelenjar ludah juga merupakan pelindung pada setiap organ pada rongga mulut terutam dinding mnkosa dan gigi. Meskipun demikian, berbagai gangguan dapat mengganggu kerja kelenjar ludah, mulai dari kondisi kesehatan, infeksi, tumbuhnya sel abnormal, hingga penyakit sindromik tertentu.



Beberapa ganguan penyakit yang umum yang terjadi pada kelenjar ludah :




  • Sialadenitis
Sialadenitis adalah gangguan bakteri yang berada di dalam mulut dan lebih umum di alami oleh lansia dan bayi baru lahir. Infeksi ini pada umumnya di tandai dengan rasa nyeri bagian mulut yang terinfeksi. Infeksi ini memerlukan penanganan dini sejak gejala pertama dengan mengkonsumsi antibiotik. Tanpa adanya penanganan yang tepat, infeksi akan lebih sulit untuk di sembuhkan dan bertambah parah, terutama pada individu-individu yang mengalami penurunan sistem imun.
  • Infeksi virus
Kondisi ini dapat di sebabkan oleh infeksi virus sistemik dari bagan tubuhtertentu yang menyerang kelenjar ludah. Tanda umum dari infeksi virus adalah pembengkakan yang terjadi pada wajah dan kesulitan makan. Penderita juga dapat mengalami demam, nyeri otot, dan persendiaan. Bentuk yang sering terjadi dari infeksi virus pada kelenjar ludah adalah gondongan.
  • Kista
Tumbuhnya kantung yang berisi cairan pada kelenjar ludah dapat di picu karena trauma akibat kecelakaan atau tumbuh tumor. Pada bayi kista dapat tumbuhpada kelenjar saliva parotid yang merupakan pertanda adanya gangguan perkembangan telinga sebelum di lahirkan. Kista dapat hilang dan mengalami perbaikan dengan sendirinya.
  • Sialadenosis
Sialadenosis merupakan pembengkakan terutama pada kelenjar saliva parotid, tanpa tanda peradangan, infeksi, maupun tumor. Penyebabsfesifik belum di ketahui dengan pasti, namun kondisi diabetes dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat memicu masalah serupa.
  • Sialolithuasis
Penyubatan yang terjadi oleh endapan kalsium berukuran kecil. Hala ini menimbulkan rasa nyeri terutama saat mengunyah. Kondisi ini dapat di sebabkan oleh dehidrasi, memakan-makanan terlalu sedikit, atau pengobatan yang mengurangi produksi air liur seperti  obat hipertensi, dan obat psikiatri.
  • Tumor jinak dan ganas
Tumor pada umumnya tumbuh pada kelenjar saliva paroid, dengan gejala yang berupa benjolan dan cenderung tidak menimbulkan rasa nyeri. Tumor kelenjar parotid pad umumnya di sebabkan oleh merokok dan paparan radiasi di sekitar wajah, tumor ini juga bersifat jinak dan dengan pertumbuhan yang sanga lambat. Namun walaupun jinak, tumor juga dapat berubah menjadi ganas dan berkembang menjadi kanker.
  • Sindrom sjogren
Sindrom sjogren merupakan sekumpulan gejala yang di sebabkan oleh gangguan autoimun, diana sistem imun sel darah putih yang menyerang keklenjar yang berada pada wajah, salah satunya adalah kelennjar ludah. Sindrom ini sering di alami oleh perempuan dengan kondisi autoimun seperti lupus pada usia dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar